• Sabtu, 2 Juli 2022

Kisah Syekh Magelung Sakti Seorang Panglima Perang dan Penyebar Agama Islam di Tanah Cirebon

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 04:56 WIB
Plang Makam Keramat Syeh Magelung Sakti (Istimewa)
Plang Makam Keramat Syeh Magelung Sakti (Istimewa)

abchannel.id- Syekh Magelung Sakti yang namanya sudah sangat dikenal ditanah Timur Tengah karena karomah dan kealimannya serta kiprahnya sebagai seorang panglima perang yang sangat disegani musuh-musuhnya.

Memiliki banyak julukan diantara nya Syekh Magelung Sakti alias Pangeran Syarif Syam alias Pangeran Soka alias Pangeran Karang Kendal alias Mamak Gelung alias Rama Gelung alias Pangeran Rama Gelung alias Pangeran Gelung adalah salah seorang murid dari Sunan Gunung Jati.

Berdasarkan kitab Babad Cirebon Syekh Magelung Berasal dari negri Syam di Syiria, beliau adalah putra dari Sayid Abdurrahman Ar Rumi bin sayid Ahmad bin Sayid Barakat Zainul Alam.

 Baca Juga: Inilah 18 Link Twibbon Maulid Nabi yang Dapat Kamu Gunakan

Konon dikisahkan rambut Syek Magelung tidak bisa dipotong oleh apapun dan oleh siapapun sehingga rambut nya menjutai panjang hingga menyentuh tanah, karena itulah Syekh Magelung selalu menggulung atau menggelung rambutnya dan dari situlah beliau dijuluki dengan nama Syekh Magelung.

Saat usia 7 tahun Syekh Magelung digolongkan sebagai anak yang jenius karena banyak ilmu yang dia miliki, dari situlah dia dijuluki sebagai sufi cilik dan hal itulah yang menyebabkan dirinya menjadi rebutan dikalangan guru dan ulama diwilayah Timur Tengah.

Saat usia 11 tahun Syekh Magelung mampu menjadi seorang pengajar termuda diberbagai negri diantaranya di Makah, Madinah, istana Raja Mesir, Masjidil Agso, Palestina dan diberbagai tempat terkenal lainnya.

 Baca Juga: Inilah Tempat-Tempat Tinggal Favorit Jin Salah Satunya Ada Di Dalam Rumah Kita

Akan tetapi dia juga banyak mendapat hujatan dari ulama karena rambutnya yang kian panjang dan dianggap tidak mencerminkan sebagai seorang pelajar dan pengajar ilmu keagamaan yang selalu mengedepankan akhlak, tatakrama dan budi pekerti dengan penampilan rambut panjangnya.

Halaman:

Editor: Supri Yatna Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Keutamaan dan Fadhilah Puasa Dzulhijjah

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:41 WIB

Ingin Hajatmu Dikabul, Lakukan Tiga Amalan Ini

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:07 WIB

Cerita Lupa Bayar Zakat

Minggu, 1 Mei 2022 | 05:55 WIB

Ini Golongan yang Berhak Menerima Zakat

Jumat, 29 April 2022 | 08:15 WIB

Ini Tanda Orang Mendapatkan Lailatul Qodar

Kamis, 21 April 2022 | 11:22 WIB
X