Kolaborasi Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka dengan Indramayu Suguhkan Drama 'Dongeng Xua-Xua'

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:58 WIB
Pertunjukan Drama kerjasama Dewan Kesenian dan kebupdayaan Majalengka dengan Indramayu (AB Channel)
Pertunjukan Drama kerjasama Dewan Kesenian dan kebupdayaan Majalengka dengan Indramayu (AB Channel)

ABCHANNEL.ID- Meski bumi sindangkasih disiram hujan sore hari, Sabtu 21 Januari 2023 tak menyurutkan berbagai lapisan masyarakat, dari mulai pelajar, mahasiswa, gurus, dosen, wartawan, komunitas, termasuk Wakil Bupati Tarsono D. Mardiana, berangkat mengapresiasi Dua Kota Main Monoplay di Aula Bina Asih Disparbud Kab. Majalengka.

Pertunjukan ini diinisiasi oleh Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka (DEKKMA) bekerjasama dengan Dewan Kesenian Indramayu (DKI).

Para Seniman ini menampilkan dua pentas dimana Majalengka menampilkan "Dongeng Xua-Xua" kisah wanita pra-manusia yang menemukan teater, teks karya Augusto Boal dimainkan oleh Aktor Senior Ocky Sandi.

Baca Juga: Malam Ini, Top 7 Indonesian Idol Season 12 di Babak Final Showcase, Lengkap IG dan Followers Terupdate

Sedangkan Indramayu dengan aktris muda Ratih Indriani membawakan naskah "Wanci" teks karya Imas Sobariah dengan sutradara Boedi Purnomo, berkisah tentang persoalan purbawi manusia yakni 'lingkaran prostitusi' yang begitu kompleks dan sulit untuk diurai persoalannya.

Sementara itu Wa Kijun sebagai salah satu penjaga gerbang seni budaya di Majalengka pada perbincangan setelah pentas, bahwa pentas ini layak diapresiasi, karena di tengah segala keterbatasan kita tetap berdaya, berkreatifitas dan berkarya. Memberi suguhan alternif hiburan yang bernilai bagi masyarakat.

Baca Juga: Banjir dan Tanah Longsor di Sumatera Barat Tewaskan Dua Orang

Sedangkan sutaradara Wanci, Boedi Purnomo mengucapkan rasa terima kasihnya kepada warga Majalengka yang telah hadir menyaksikan pertunjukan tersebut.

"Terima kasih kepada masyarakat Majalengka atas kesempatan memberi ruang bagi kami silaturahmi melalui pertunjukan. Dan diharapkan esok lusa Majalengka yang berkenan berkunjung ke Indramayu. Semoga dengan ghirah pertunjukan yang kembali menguat, berbagai peluang ekonomi kreatifpun turut terbuka lebar." ujarnya.

Selain itu, pentas dihangatkan oleh Iman Sabumi yang meracik kisah Dongeng Xuaxua menjadi sebuah lagu berjudul "Mengabarkan Rahasia".

Baca Juga: 1029 PPS Terpilih Hari Ini Resmi Dilantik KPU Majalengka

Bila saja tiada keterbatasan waktu, sepertinya moment ini akan berlangsung lama. Maka sembari tidak meninggalkan apapun kecuali kenangan, beberapa saat kemudian semua orang meninggalkan gedung pertunjukan yang kembali menjadi hening.

Untuk diketahui, Pentas (baik kelompok atau bermain sendiri/monoplay) yang berbasis naskah realis memang masih jarang terjadi di Majalengka dan dibawakan dengan piawai oleh aktor/aktrisnya, sehingga penonton yang hadir sekitar seratusan orang ini cukup menikmati dan mengikuti sampai akhir pentas di bawakan.

Halaman:

Editor: Abdullah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X